Home > Keislaman > Gambaran Bentuk Fisik Rasulullah SAW Berdasarkan Hadits Shahih

Gambaran Bentuk Fisik Rasulullah SAW Berdasarkan Hadits Shahih

Anas bin Malik ra. berkata: Rasulullah SAW bukan orang yang tinggi sekali, dan tidak pula pendek. Tidak juga putih sekali, dan tidak berwarna coklat. Rambutnya tidak terlalu kriting dan tidak terlalu lurus. Beliau diutus Allah ketika berusia empat puluh tahun dan menetap di Makkah selama sepuluh tahun dan di Madinah selama sepuluh tahun. Beliau wafat ketika berusia awal enam puluhan tahun sementara di rambut kepala dan janggut beliau tidak lebih dari dua puluh helai uban. (HR. Bukhari, Muslim)

Ali bin Abi Thalib ra. berkata : Nabi SAW tidaklah jangkung dan tidak juga pendek. (HR. Ibn Hisyam)

Dari Abu Hurairah ra. : Rasulullah SAW dada dan perutnya rata. (HR. Ibn Sa’ad)

Dari Anas bin Malik ra. : Rasulullah SAW warna kulitnya putih bersih, bukan putih pucat atau hitam. (HR. al-Bukhari, Muslim)

Dari Anas bin Malik ra. : Rasulullah SAW tinggi tegap, namun tidak terkesan jangkung. (HR. al-Bukhari, Muslim)

Dari al-Bara’ ra. : Rasulullah SAW merupakan orang yang paling tampan wajahnya dan paling baik akhlaknya (postur tubuhnya) tidak jangkung dan tidak juga pendek. (HR. al-Bukhari, Muslim)

Ali bin Abi Thalib ra. : Postur tubuh Rasulullah SAW tidak jangkung, tidak juga pendek, kepalanya agak besar, berjenggot lebat, telapak tangan dan kaki tebal, wajahnya agak kemerahan, bulu dada yang tipis memanjang, bahunya besar, jika berjalan tubuhnya bergoyang seolah sedang menuruni tanah yang landai. Sungguh saya belum pernah melihat orang lain seperti ini, baik sebelumnya atau sesudahnya. (HR. al-Tirmidzi, Ahmad)

Ali bin Abi Thalib ra. bercerita bahwa : Rasulullah SAW matanya besar dan bulu matanya panjang dan tebal. (HR. al-Tirmidzi)

Al-Bara’ ibn ‘Azib ra. berkata : Rasulullah SAW adalah seorang lelaki yang berperawakan sedang, berpundak lebar dan berambut lebat sampai ke daun telinga. Beliau suka mengenakan pakaian warna merah. Aku sama sekali tidak pernah melihat sesuatu yang lebih bagus dari pada Nabi SAW. (HR. Muslim)

Saib ibn Yazid ra. berkata : Bibiku pernah membawaku pergi menghadap Rasulullah SAW. Bibiku berkata : Wahai Rasulullah! Sesungguhnya keponakanku ini terserang penyakit perut. Lalu beliau mengusap kepalaku dan mendoakan aku supaya mendapat berkah. Setelah itu beliau berwudhu dan aku meminum sisa air wudhunya kemudian aku berdiri di belakang punggung beliau dan melihat sebuah tanda (kenabian) antara kedua pundaknya seperti telur burung merpati. (HR. Muslim)

Sumber : DVD Potret Pribadi dan Kehidupan Rasulullah SAW (Penerbit : Pusat Kajian Hadits Al-Mughni Islamic Center Jakarta)

Categories: Keislaman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: